468x60 ads




Prosedur Pemakaian dan Perawatan Software

1. Pastikan sotware yang anda install bebas dari virus

2. Install anti virus yang mampu  mendetect secara auto virus, update anti virus kamu, sebaiknya gunakan anti virus yang mampu  mendelete dengan baik. (rajin untuk melakukan scanning komputer semua lokal harddisk)

3. Gunakan sebuah software yang ringan sesuai sfesifikasi laptop dan keperluan.

4. Sebaiknya Buat 2 Partisi, sehingga kita dapat menyimpan file di lokal D dan tidak terlalu banyak menyimpan di lokal C.


5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita

6. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag  adalah   untu k menata  dan  mengurutkan file-file harddisk berdasarkan  jenis file/data sedemikian  rupa sehingga akan  mempermudah  proses  read/write sehingga beban  kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur  harddisk

7. Install software security seperti deff freaze (bila perlu), dan install  program seperti (system mechanic).

8. Apabila sering  pada terjadi hang’/craz  instalasi saat membuka program,sebaiknya instalasi kembali program  itu.

9. Jangan mengutak-atik file windows dan registry (regedit) apabila anda tidak memahaminya.

10. sebelum rusak hadware, rajin-rajin Backup Data Kamu .
11. Untuk kecepatan akselerasi laptop Anda, Installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa bisa menghemat memori dan hardisk anda.

12. Bila laptop Anda selalu berhubungan dengan internet, Anti virus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate.

13. Install Program perawatan untuk systemnya seperti Easy cleaner dari Toniart  yang gratis, untuk menghapus file-file sampah dan sisa-sisa registrasi saat meninstall program atau uninstall program.

14. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.
15.Hidup dan matikan komputer sesuai prosedur yang benar. Pada sistem operasiWindows, lakukan selalu proses Shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputer tidak terjadi masalah dengan sistem operasi.

16. Gunakan program bantu anti virus. Dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. Sebaiknya kurangi transfer dengan media disket.

17.Lakukan backup data secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga kemanan data, mengurangi penggunaan kapasitas media penyimpan dan memudahkan pendistribusian data jika dibutuhkan.

18.Lakukan penataan disk (hard disk drive) secara rutin. Karena seperti telah diuraikan di muka, proses hapus tulis pada media penyimpan (hard diskdrive), mengakibatkan susunan atau struktur file menjadi tidak teratur. Gunakan program bantu seperti Scandisk dan Defrag.

19.Sebaiknya tidak melakukan instalasi sistem aplikasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. Semakin padat sistem konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi, akan memperiambat kinerja komputer.

0 komentar:

Poskan Komentar